Kamu sudah pernah dengar tentang niche?
Niche adalah salah satu hal krusial sebelum Kamu mulai bikin konten atau membangun bisnis.
Mengutip dari Wikipedia, Niche adalah ceruk pasar.
Agar Kamu lebih paham, ini saya kasih contohnya:
Digital marketing adalah contoh niche yang kita ambil. Dari sebuah niche, tentu ada beberapa turunan yang bisa Kamu pilih (micro niche).
Sampai sini paham, ya?
Lantas, kenapa memilih niche itu sangat penting?
Kamu Mudah Dikenal dan Diingat
Jika saya bertanya, "sebutkan 3 air merk air mineral favoritmu"
Tentu sudah ada beberapa nama brand di benak Kamu, bukan?
Idealnya, 1 brand itu fokus ke 1 niche saja. Jika Kamu ingin bermain di niche lain, Kamu bisa membuat brand baru.
Sama halnya saat Kamu ingin aktif di media sosial. Apa niche yang Kamu ingin pilih?
Kamu bisa memulainya dari hobi dan pengalaman Kamu.
Misal, Kamu suka masak. Maka Kamu bisa ambil niche tersebut saat nanti membuat konten atau membangun bisnis.
2. Lebih Mudah Menghasilkan Cuan/Uang
Kenapa Niche ini memudahkan Kamu untuk menghasilkan cuan atau uang? Simple, karena pasarnya spesifik.
Contoh, Kamu pernah melihat dokter umum dan dokter spesialis?
Menurut Kamu, lebih rame mana antara dokter umum dan dokter spesialis?
Sekilas memang dokter umum terlihat lebih ramai. Tapi, apakah dokter umum bisa menghasilkan lebih banyak atau mematok tarif semahal dokter spesialis?
Sama halnya dengan kita membuat konten di medsos.
Kalau Kamu ingin belajar Instagram, tentu Kamu akan mencari orang yang "ahli" di bidang Instagram, bukan?
Kalau Kamu ingin belajar Tiktok, tentu Kamu mencari orang yang ahli di dunia tiktok?
Inilah pentingnya niche.
Saat Kamu sudah memilih niche yang spesifik, Kamu mudah dikenali dan mudah menghasilkan cuan dari sana.
Kembali ke topik kita di awal, "bagaimana menentukan niche yang tepat untuk saya?"
Kamu bisa mulai dari:
โ Apa hobi atau passion Kamu?
โ Kamu punya pengalaman apa?
โ Apakah niche tersebut bisa menghasilkan uang atau tidak?
Sebagai contoh, Kamu hobi memasak. Maka, Kamu bisa ambil niche tersebut.
Eits perlu diingat, topik memasak ini sudah banyak kompetitor dan kompetisinya lumayan ketat. Maka, Kamu bisa ambil micro niche-nya.
Alih-alih Kamu bahas masakan biasa, Kamu bisa lebih spesifik, misal bahasa masakan Thailand saja.
Dengan melakukan ini, Kamu bisa jadi "leader" dan masuk ke top of mind orang-orang.
Jadi, sudah siap menentukan niche dari sekarang?